Penerapan Pilar Green pada Kegiatan Qurban Sekolah Kreativa 1440 H

Pada tanggal 12 Agustus 2019, Sekolah Kreativa menyelenggarakan pemotongan hewan qurban dalam rangka Idul Adha 1440 H. Pelaksanaan idul adha setahun sekali yang merupakan salah satu perayaan hari raya umat islam perlu diiringi dengan hal – hal yang baik. Sampah kemasan plastik daging qurban yang setiap tahun menjadi permasalahan utama karena menambah daftar tumpukan sampah plastik yang susah untuk di daur ulang.

Sekolah Kreativa memiliki pilar green yang peduli terhadap penanganan masalah tersebut. Penerapan pilar green tidak hanya dalam lingkungan sekolah. Kampanye tentang green khususnya pengurangan sampah plastik perlu disampaikan kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, pada pelaksanaan pembagian daging qurban di Sekolah Kreativa, panitia menggunakan kemasan “food container” untuk mengemas daging qurban.

Dalam pelaksanaan pengelolaan qurban, Panitia qurban yang terdiri dari guru dan karyawan sekolah kreativa – yasmina dan siswa siswi SMP Kreativa sangat memperhatikan masalah sampah. Konsumsi yang disediakan sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan plastik kemasan sekali pakai, semua panitia diwajibkan membawa kotak makan sendiri sehingga meminimalisir sampah kemasan makanan. Penggunaan kemasan daging qurban berupa “food container” dipilih karena kemasan tersebut dapat digunakan kembali oleh penerima daging qurban sehingga meminimalisir sampah plastik kemasan daging yang tidak ramah lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Hubungi kami
Send via WhatsApp